Home » , » BKD Riau Terima 8.000-an Berkas CPNS

BKD Riau Terima 8.000-an Berkas CPNS

Written By Bg dani on Tuesday, December 7, 2010 | 9:01 AM

Senin (6/12), Panitia Pelaksanaan Tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2010 memastikan sebagai hari terakhir masa pendaftaran CPNS.

Meski begitu, penitia masih menerima berkas lamaran hingga tanggal 7 Desember akan datang dengan cap pos tertanggal 6 Desember. Pasalnya, pada tanggal 10 Desember panitia akan mengumumkan kelulusan adminitrasi calon peserta ujian tertulis seleksi CPNS formasi 2010.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Said Saqlul Amri kepada Riau Pos Senin (6/12) di Pekanbaru. Meski mengkau pendaftaran sudah berakhir, namun Saqlul belum mengetahui update jumlah berkas yang masuk ke panitia berakhir. Hanya saja, dia meyakini berkas yang masuk akan menembus angka 8.000-an berkas. Selain karena masih ada berkas yang masuk nantinya, panitia saat ini masih terus melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas yang sudah berada di BKD.

‘’Seluruh berkas yang masuk angka pastinya belum diketahui, tapi kalau laporan staf saya terakhir menyatakan berkas tembus 8000-an. Dari jumlah itu akan kita seleksi awal administrasi baru setelah itu mereka bisa mengikuti pelaksanaan ujian tertulis pada 21 Desember. Untuk pengumuman lulus administrasi akan kita umumkan tanggal 10 Desember mendatang,’’ terangnya.

Menurut Saqlul, saat ini panita yang melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi pelamar CPNS 2010 sedang bekerja. Diakuinya, beberapa berkas yang masuk banyak yang dinyatakan gagal. Pasalnya, surat lamaran yang masuk tidak sesuai dengan formasi dan disiplin ilmu yang tersedia pad tahun ini. Seperti untuk disiplin ilmu hukum mencoba untuk masuk pada tenaga teknis kehumasan, atau tidak melampirkan kelengkapan berupa ijazah, kartu pencari kerja atau sekadar foto.

‘’Memang banyak juga yang sudah kita nyatakan gagal karena kesalahan mereka. Ada yang tidak sesuai dengan formasi namun ada juga yang tidak melampirkan berkas KTP atau sekadar foto. Namun itu semua penting, makanya kita nyatakan gagal,’’ ujarnya.

Namun begitu, saat ditanyakan berpa jumlah pasti berkas yang ditolak setelah di lakukan verifikasi, Saqlul mengaku belum bisa disebutkan, karena ini kemungkinan akan bertambah. Begitu juga dengan jumlah keseluruhan berkas yang masuk ke BKD Riau maupun BKD se-Provinsi Riau.

Menurutnya, untuk kabupaten/kota surat lamaran diajukan ke BKD masing-masing. Sementara itu, untuk soal ujian tertulis, Universitas Indonesia (UI) menyatakan sudah siap dan segera dikirim ke Riau untuk dicetak.

Untuk pengawasan agar tidak terjadi penyelewengan, panitia melibatkan inspektorat serta aparat hukum yang ada. Namun begitu, ternyata Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional XII Pekanbaru juga turut dalam pengawasan. Hanya saja, dalam hal ini mereka hanya bersifat memantau jalannya seleksi yang dilakukan agar tidak terjadi kecurangan. Hal ini diungkapkan Kepala BKN Regional XII Pekanbaru, Dede Djunaidy kepada Riau Pos di Pekanbaru.

‘’Kita memiliki tanggungjawab yang sama, meski wewenang pelaksanaan seleksi itu diserahkan ke BKD masing-masing daerah. Makanya kita turut andil dalam melakukan pengawasan, namun tetap saja keputusan itu adalah milik BKD,’’ terangnya.

Tak Ada CPNS Titipan
Dalam pada itu, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Wan Syamsir Yus membantah keras adanya Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) titipan untuk pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Karena menurutnya proses penerimaan pegawai di 2010 ini sudah sangat terjamin keakuratan dan kejujurannya.

‘’Tidak benar jika ada CPNS titipan untuk penerimaan tahun ini. Itu sudah melanggar aturan. Lagian kemungkinan itu sangat tidak mungkin. Karena kita telah melibatkan tim akademisi dari Universitas Indonesia. Sehingga hasilnya dapat dipertanggung jawabkan,’’ terangnya.

Saat ditanyakan mengenai titipan kepadanya untuk meloloskan peserta dalam penerimaan CPNS 2010. Dia memastikan sampai saat ini belum ada pihak yang berusaha memanfaatkan jabatannya dalam rekrutmen CPNS. Dia juga memastikan, kalau dirinya tidak bisa berbuat banyak untuk proses penerimaan pegawai tersebut.

‘’Sampai saat ini belum ada yang minta tolong sama saya. Jika ada, pasti saya bantu. Tapi hanya sampai melihat nomor ujian saja. Tidak untuk meluluskan, karena itu jelas melanggar aturan.’’ ujarnya sambil tersenyum kepada Riau Pos, Senin (6/12).

Menurutnya, proses dan mekanisme dalam penerimaan CPNS 2010 sudah dipaparkan secara sistematis. Kondisi ini hendaknya tidak disalahgunakan.

Source : riaupos.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pekanbaru News | Berita Online Pekanbaru Riau - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger