Home » » Ribuan Umat Islam Salat Ied

Ribuan Umat Islam Salat Ied

Written By Bg dani on Thursday, November 18, 2010 | 8:30 AM

Ribuan umat Islam membanjiri lapangan kompleks perguruan Muhammadiyah Pekanbaru di Jalan KH Ahmad Dahlan, Kecamatan Sukajadi dan beberapa lokasi lainnya untuk menunaikan Salat Idul Adha 1431 H, Selasa (16/11).

Telihat tokoh-tokoh Riau antara lain, mantan Wali Kota Pekanbaru yang juga tokoh Muhammadiyah H Raja Rusli, Prof dr Tabrani Rab, Rektor UIN Riau Prof H Nazir Karim, dan Ketua YLPI H Mukhtaruddin S.

Panitia pelaksana Salat Ied Amril kepada Riau Pos menjelaskan, pihak panitia tidak menyangka bahwa umat Islam memenuhi seluruh lapangan perguruan Muhammadiyah ini. ‘’Untung saja mimbar yang dibuat itu bisa digeser-geser sehingga dapat menambahkan saf ke depan dari rencana awal. Syukurlah umat Islam banyak yang mengerti bahwa hari ini (kemarin, red) dilakukan Salat Idul Adha,’’ sebutnya.

Khatib yang bertugas pada Salat Idul Adha adalah ustad Zulkarnain. Dalam kotbahnya ia mengatakan, perintah kurban kepada Nabi Ibrahim agar menyembelih anaknya itu adalah salah satu ujian dari Allah untuk Ibrahim sendiri.

Dijelaskan Zulkarnain, Nabi Ibrahim berusaha mendidik anaknya bahwa jika dia meninggal dunia, anaknya akan ditinggalkan dengan keimanan yang kuat untuk menjalankan perintah Allah SWT.

‘’Tapi saat ini apakah ada orangtua yang berpikir sewaktu mereka masih hidup akan meninggalkan anaknya dengan keyakinan kepada Allah? Tidak, orangtua saat ini sebelum mereka meninggal dunia berusaha meninggalkan anak mereka dengan kekayaan untuk diamankan tujuh keturunan tidak habis. Sehingga mereka mencari harta itu dengan seribu cara dan tidak tahu lagi mana yang benar mana yang salah yang penting dapat menambah kekayaan mereka,’’ kata Zulkarnain.

Selain di kompleks perguruan Muhammadiyah, pelaksanaan Salat Ied juga dilaksanakan di lapangan parkir Matahari Citra Plaza Jalan Tuanku Tambusai, Masjid Nurul Yakin Muhammadiyah Jalan Paus Tangkerang Barat.

Juga di Lapangan MTs Muhammadiyah II di Jalan Srikandi Delima, lapangan PU Senapelan Jalan Riau, Masjid At Taqwa Muhammadiyah Jalan HOS Cokroaminoto, halaman Lotte Mart (duku Makro, red) di Jalan Soekarno Hatta, dan lapangan Dakwah CPI di Kecamatan Rumbai.

MUI: Idul Adha Pemersatu Umat
Di pihak lain, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pekanbaru Prof Dr Ilyas Husti MA mengajak seluruh umat Islam untuk menjadikan Hari Raya Idul Adha 1431 H untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah dan pemersatu antar-umat.

‘’Hari raya kurban kali ini, mari kita lebih dekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan ketakwaan dalam upaya menghindari azab-Nya,’’ ajak Ilyas kepada Riau Pos, Selasa (16/11).

Dijelaskannya, pelaksanaan Idul Adha mengandung banyak makna. Seperti untuk persatuan dan kesatuan umat Islam. Ini dapat terlihat saat di Padang Arafah di mana semua etnis dan suku dari berbagai bangsa berkumpul mengharapkan ridha Allah.

‘’Sedangkan pemotongan hewan kurban merupakan kegiatan sosial yang dilakukan oleh umat Islam untuk berbagi dengan sesama. Kurban itu adalah ibadah namun harus dilakukan dengan ikhlas,’’ ujarnya lagi.

DPD PKS Sumbang 16 Ekor Hewan Kurban
Pada perayaan Idul Adha tahun ini, DPD PKS Pekanbaru menyumbangkan 10 ekor sapi dan 6 ekor kambing (total 16 hewan) yang akan di berikan kepada masjid atau musalla di daerah pinggiran.

‘’Untuk hari raya kurban 1431 H ini Alhamdulillah kita menyumbangkan 16 ekor hewan kurban yang akan diberikan kepada masjid dan musalla di daerah pinggiran kota yang jamaahnya tidak mampu menyelenggarakan kurban atau menyelenggarakan dengan jumlah minimal,’’ katanya Ketua DPD PKS Pekanbaru Drs Syamsudin.

Ditegasnya lagi, dia mengucapkan terima kasih kepada kader PKS yang telah menjadi peserta kurban di DPD PKS Pekanbaru. ‘’Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian PKS di Hari Raya Idul Adha,’’ tambahnya.

Ketika ditanya di mana saja sumbangan sapi dan kambing akan didistribusikan, Syamsudin menyebutkan, masing-masing satu ekor sapi di Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir, Payung Sekaki, Limapuluh, Senapelan, Tampan, dan Tenayanraya. Sedangkan Kecamatan Bukitraya 3 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

Lanud Sebarkan 800 Kupon

Sementara itu, sebanyak 800 kupon daging kurban disebar oleh panitia kurban Lanud Pekanbaru diberikan kepada masyarakat dilingkungan komplek Pangkalan TNI AU kota Pekanbaru dan sekitarnya.

Kepada Riau Pos, Selasa (16/11), Danlanud Pekanbaru Kolonel Pnb Nanang Santoso mengatakan setiap tahun Lanud Pekanbaru tetap melaksanakan pemotongan hewan kurban. Tahun ini jumlahnya mencapai 42 ekor hewan kurban terdiri dari 11 ekor sapi, dan 31 ekor kambing. ‘’Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap warga sekitar komplek Lanud Pekanbaru, tujuannya hanya untuk berbagi kepada warga sekitar dan mempererat hubungan silaturahmi antara masyarakat dan alat pemerintahan,’’ katanya.

Untuk pemotongan hewan kurban ini, disebutkan Nanang akan dilakukan pemotongan usai dilaksanakannya shalat Id, Rabu (17/11) dengan lokasi pemotongan itu dilaksanakan di Masjid Amrullah Lanud Pekanbaru.

Source : riaupos.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pekanbaru News | Berita Online Pekanbaru Riau - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger