Home » , , » 21 Desember Ujian CPNS, Pengawasan Tidak Libatkan Akademisi

21 Desember Ujian CPNS, Pengawasan Tidak Libatkan Akademisi

Written By Bg dani on Wednesday, December 1, 2010 | 12:09 PM

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2010 Riau, saat ini sudah dalam tahapan pendaftaran. Tercatat jumlah pendaftar yang mengirimkan surat lamaran ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau melalui PT Pos Indonesia sudah mencapai 2.145 berkas. Diperkirakan jumlah tersebut akan kembali bertambah menjelang akhir penutupan pendaftaran pada 6 Desember akan datang.

Sementara itu untuk ujian tertulis pada 21 Desember mendatang lokasi ujian juga sudah ditentukan panitia. Terkait dengan soal ujian yang dibuat oleh Universitas Indonesia yang ditunjuk BKD beberapa waktu yang lalu, untuk pendistribusian soal akan dilaksanakan pada H-3 ke seluruh kabupaten/kota yang melaksanakan penerimaan CPNS 2010 sebelum ujian tertulis dilaksanakan.

‘’Sekarang fokus pada pendaftarannya, setelah itu baru akan kita lakukan pendistribusian soal ke kabupaten/kota yang melaksanakan penerimaan CPNS. Soal memang dikirimkan ke kabupaten/kota tentunya dengan pengawasan yang ketat dari aparat. Soal sendiri berasal dari Universitas Indonesia yang kita tunjuk untuk membuat soal ujian seleksi,’’ terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Said Saqlul Amri kepada Riau Pos Selasa (30/11) di Pekanbaru.

Menurut Saqlul, seluruh soal memang dibuat oleh lembaga yang independent dan tidak terikat dengan siapa pun. Karena itu pihak akademisi diberikan kepercayaan itu agar bisa dilaksanakan secara transparan. Dalam hal ini, Riau hanya mendapatkan soft copy dari soal-soal ujian yang dikirimkan UI. Untuk percetakan akan dilaksanakan di Riau dengan pengawasan yang sangat ketat. Pasalnya hal ini sangat rentan terjadi kecurangan. Untuk distribusi juga akan dikawal oleh aparat hukum yang sudah disumpah.

Terkait pengawasan ujian tertulis yang akan dilaksanakan di tempat yang ditetapkan, panitia juga tidak melibatkan pihak akademisi. Tim pengawas kemungkinan akan dibentuk dari panita tahapan penerimaan CPNS ditambah dengan aparat hukum dan inspektorat. Begitu juga dengan pelaksanaan ujian yang akan digelar pada 21 Desember akan datang. ‘’Semua akan kita lakukan dengan pengawasan yang ketat dan tetap menjaga transparansi dalam penerimaan. Karena itu, CPNS yang mengikuti ujian seleksi CPNS ini jangan sampai melakukan kecurangan apalagi melakukan calo dalam ujian. Jika kedapatan, mereka akan kita keluarkan dan kita anggap batal atau tidak lulus,’’ imbaunya.

Source :riaupos.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pekanbaru News | Berita Online Pekanbaru Riau - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger