Home » » Dumai, Rohul dan Inhu Tidak Ada Penerimaan CPNS

Dumai, Rohul dan Inhu Tidak Ada Penerimaan CPNS

Written By Bg dani on Thursday, November 18, 2010 | 8:17 AM

Kabar buruk bagi yang sudah bersiap mengikuti seleksi CPNS di kabupaten Rokan Hulu, Kota Dumai dan Indragiri Hulu (Inhu). Di saat kepastian jadwal pendaftaran seleksi CPNS diketahui, justru ketiga daerah tersebut memastikan tak melakukan penerimaan CPNS untuk tahun ini.

Berdasarkan dokumen yang didapat Penolakan penerimaan CPNS di Kabupaten Rohul berdasarkan surat Bupati Achmad bernomor 800/BKD/2010/1144 tertanggal 27 Agustus 2010. Dalam surat yang ditujukan kepada Meneri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) tersebut, Bupati Achmad menyebutkan alasan belum bisa melakukan penerimaan CPNS 2010.

Untuk Kabupaten Inhu, penolakan berdasarkan surat Bupati Yopi Arianto bernomor 180/HK/70/VIII/2010 tertanggal 30 Agustus 2010. Dalam surat tersebut, bupati beralasan sedang melakukan efesiensi organisasi sehingga dalam jangka wkatu tertentu belum bisa menerima CPNS. Surat tersebut otomatis menghilangkan 215 CPNS jatah Inhu.

Sementara Kota Dumai menolak berdasarkan surat Walikota Khairul Anwar bernomor 813/BKD-MP/396 tetanggal 6 Oktober 2010. Dalam surat yang dikirim kepada Menteri PAN dan RB disebutkan, Dumai belum bisa menerima 190 CPNS yang menjadi jatahnya tahun ini dikarenakan kemampuan APBD yang tidak memungkinkan.

Akibat dari penolakan tiga daerah tersbeut, Provinsi Riau secara keseluruhan kehilangan 643 CPNS yang menjadi jatah tahun ini. Dari semula mendapatkan jatah 3.165 CPNS kini tinggal 2.523 lowongan.

Wako Dumai, Khairul Anwa yang dihubungi Tribun mengatakan, Pemko Dumai saat ini tidak memiliki Dana Alokasi Umum (DAU) untuk membayarkan gaji pegawai. "Kalau kita, rekrut kita bayar pakai apa gaji mereka nanti," sebutnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Sekda Rohul Mewahiddin. Ia mengatakan, kondisi keuangan daerah Rohul saat ini tidak memungkinkan untuk merekrut PNS. "Anggaran kita selalu defisit. Kalau kita rekrut CPNS nantinya, beban keuangan daerah kita semakin berat," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengadaan BKD Riau, Tengku Fasli mengatakan tidak dilakukannya perekrutan oleh tiga daerah itu hanya memberikan pengaruh berkurangnya alokasi penerimaan CPNS untuk Riau. "Pengaruh lain tidak ada," sebutnya.

Tengku menyebutkan, pendaftaran CPNS untuk seluruh Riau mulai dilakukan pada 22 November mendatang. Untuk soal-soal ujian CPNS nanti, BKD Riau dengan seluruh BKD daerah akan menyerahkan pembuatannya ke Universitas Indonesia.

Source : tribunnewspekanbaru.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pekanbaru News | Berita Online Pekanbaru Riau - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger