Home » , » Diam-diam 15 Anggota DPRD Riau ke Eropa

Diam-diam 15 Anggota DPRD Riau ke Eropa

Written By Bg dani on Tuesday, November 23, 2010 | 10:17 PM

Meski ramai dikecam dan mendapat larangan dari partai, namun sebanyak 15 anggota DPRD Riau tetap melakukan perjalanan ke luar negeri dengan alasan studi banding.

Para wakil rakyat dari enam partai bertolak ke Swiss, Minggu (21/11). Keberangkatan para politisi berlangsung diam-diam dan baru diketahui media massa Senin (22/11) pagi, ketika wartawan melihat gedung rakyat yang megah tersebut kosong. "Benar, beberapa anggota DPRD sudah berangkat. Mereka perjalanan dinas resmi," kata Ketua DPRD Riau, Johar Firdaus kepada wartawan, Senin siang.

Meski demikian, Johar tidak tahu persis berapa jumlah anggota dewan yang ikut dalam rombongan tersebut. Ia juga tidak bisa memastikan negara mana yang bakal dikunjungi para wakil rakyat. Johar cuma menegaskan, rencana studi banding ke Eropa tersebut sudah disusun sejak jauh-jauh hari. Izin melakukan perjalanan dinas juga sudah diterbitkan oleh instansi terkait.

Keberangkatan para wakil rakyat memang luput dari pantauan kuli tinta. Sejak dua bulan lalu, rencana keberangkatan ini sudah tersiar. Sejumlah elemen masyarakat menggelar demo untuk menghentikan studi banding tersebut. Namun, tetap saja akhirnya anggota dewan melakukan kegiatan yang diduga menghabiskan dana miliaran rupiah tersebut.

Sumber Tribun menyebutkan, rombongan politisi Riau tersebut berangsur-angsur meninggalkan Riau sejak Sabtu (20/11) lalu. Beberapa di antaranya menyusul ke Jakarta pada Minggu pagi. Sore harinya, para politikus bertolak ke Swis melalui Singapura.

Berdasarkan dokumen surat tugas yang diperoleh Tribun dari kantor DPRD Riau, jumlah anggota dewan yang berangkat sebanyak 15 orang dari PBR, Golkar, Demokrat, PDI Perjuangan dan PPP. PKS yang biasanya tak gemar melakukan kegiatan 'plesiran' ikut memberangkat tiga orang kadernya.

Dalam surat tugas yang ditandatangani Ketua DPRD Riau Johar Firdaus itu disebutkan, rombongan anggota dewan akan mengunjungi negara Swiss, 21-29 November 2010. Tugasnya, melakukan kunjungan kerja studi banding tentang infrastruktur transportasi dan pertanian ke negara Swiss, Eropa Barat. Dalam suratnya bernomor 176/SPT/2010, Johar meminta kepada pada anggota dewan untuk melaporkan hasil studi banding tersebut kepada dirinya selaku atasan.

Sumber Tribun menyatakan, satu kelompok rombongan berjumlah sekitar 12 anggota DPRD Riau pekan depan juga akan menyusul rekan-rekan mereka ke Perancis untuk melakukan studi tentang jembatan dan kelistrikan.

Berikut nama-nama rombongan anggota DPRD Riau yang ikut kunjungan kerja ke Swiss:
  1. Ramli FE (Partai Bintang Reformasi)
  2. Solihin Dahlan (Partai Bintang Reformasi)
  3. Rusli Ahmad (PDI Perjuangan)
  4. Turoechan Asyari (PDI Perjuangan)
  5. Ayat Cahyadi (PKS)
  6. Indra Isnaini (PKS)
  7. Darisman Ahmad (PKS)
  8. T Nazlah Khairati (PPP)
  9. Jabarullah (PPP)
  10. Rita Zahara (Partai Demokrat)
  11. Mukhniarti (Partai Demokrat)
  12. Elly Suryani (Partai Golkar)
  13. Sumiyanti (Partai Golkar)
  14. Syamsuri Latief (Partai Golkar)
  15. Masnur (Partai Golkar)
Sumber: DPRD Riau

Source :tribunnews.com
Share this article :

+ comments + 1 comments

November 24, 2010 at 9:47 PM

Enak juga ya jadi anggota dewan, bisa refreshing dan shopping keluar negeri dengan gratisNya....

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pekanbaru News | Berita Online Pekanbaru Riau - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger