Home » , » Ujian Penerimaan CPNS Kementerian Agama Diikuti 328.906 pelamar

Ujian Penerimaan CPNS Kementerian Agama Diikuti 328.906 pelamar

Written By Bg dani on Wednesday, November 24, 2010 | 10:48 PM

Kementerian Agama RI menyelenggarakan ujian tertulis penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara serentak. Kegiatan ini meliputi seluruh unit baik di lingkungan unit eselon satu pusat, kantor wilayah Kemenag provinsi, dan perguruan tinggi tinggi agama seluruh Indonesia.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, secara keseluruhan jumlah formasi yang dibutuhkan oleh Kementerian Agama mencapai 5.099 formasi. Formasi ini diperebutkan oleh 328.906 pelamar. "Perbandingan antara kebutuhan dengan pelamar masih tinggi, 1 berbanding 65," kata Menag kepada wartawan usai meninjau pelaksanaan ujian di Stadiun Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Rabu (24/11).

Menag lebih lanjut mengatakan, dari jumlah formasi yang dibutuhkan, 80 persen ditempatkan sebagai guru di berbagai lembaga pendidikan agama. "80 persen guru, karena kita punya kebutuhan cukup besar," ujarnya.

Menag juga mengatakan, bahwa untuk menghindari kasus KKN, proses penerimaan CPNS dilakukan secara komputerisasi. Mulai pendaftaran melalui online, sehingga tidak ada tatap muka dengan petugas. Selain itu penilaian juga dilakukan oleh lembaga independen. "Penilaian oleh lembaga lembaga penilaian ITB, dari mulai memeriksa, merangking hingga menentukan siapa yang lulus."

Tentang soal ujian, Menag menjamin soal dijamin kerahasiaannya. Bahkan ujian pun dilakukan pada saat yang sama. "Kalau di Jakarta mulai jam 8.00 WIB, maka di wilayah timur mulai jam 10.00 WIT, supaya tidak ada ruang tukar pengalaman sehingga terjadi kebocoran," katanya.

Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama Dr Mahsusi, MM menambahkan, penerimaan CPNS formasi umum Kementerian Agama tahun 2010 diselenggarakan di seluruh satuan organisasi instansi Kemenag meliputi; 10 unit eselon satu pusat, 33 Kanwil Kemenag provinsi, 6 Universitas Islam Negeri, 14 Institut Agama Islam Negeri, 1 Institut Hindu Dharma Negeri, 32 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, 6 Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri, 2 Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri, dan 1 Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri.

Mengenai UT CPNS di Stadiun Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, diikuti 4.912 pelamar, dengan jumlah formasi yang tersedia sebanyak 249 formasi, dengan perincian Sekretariat Jenderal sejumlah 23 formasi dengan 648 pelamar, Inspektorat Jenderal sejumlah 100 formasi dengan 1869 pelamar.

Selain itu, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah sejumlah 10 formasi dengan 423 pelamar, Ditjen Pendidikan Islam sejumlah 40 formasi dengan 699 pelamar, Ditjen Bimas Islam sejumlah 10 formasi dengan 306 pelamar, Dirjen Bimas Kristen sejumlah 10 formasi dengan 177 pelamar, Ditjen Katolik sejumlah 10 formasi dengan 113 pelamar, Ditjen Bimas Hindu sejumlah 20 formasi dengan 108 pelamar, Ditjen Bimas Buddha sejumlah 10 formasi dengan 115 pelamar, dan Badan Litbang dan Diklat sejumlah 16 formasi dengan 454 pelamar.

Source : kemenag.go.id
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pekanbaru News | Berita Online Pekanbaru Riau - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger