Home » , » Pemprov dan Kabupaten/Kota se-Riau Terima 2.523 Pelamar

Pemprov dan Kabupaten/Kota se-Riau Terima 2.523 Pelamar

Written By DaNi TheKing on Monday, November 22, 2010 | 12:32 PM

Hari ini, seluruh pemerintah kabupaten dan kota se Provinsi Riau, kecuali Rokan Hulu, Dumai dan Indragiri Hulu mulai membuka penerimaan lamaran bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari seluruh jurusan yang diperlukan.

Keputusan tersebut disampaikan kepada Riau Pos malalui rilis surat keputusan penerimaan CPNS yang ditandatangani oleh masing-masing kepala daerah dengan batas waktu pendaftaran mulai tanggal 22 November hingga 6 Desember 2010.

Daerah-daerah yang memastikan melakukan rekrutmen CPNS di antaranya adalah Pemprov Riau, Pemko Pekanbaru, Pemkab Rokan Hilir, Pemkab Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hilir, Bengkalis, Siak, Kampar, juga Kepulauan Meranti.

Pelaksanaan penerimaan CPNS, disebutkan Sekdaprov Riau Wan Syamsir Yus, mempedomani Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil dan Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor B/2724/M.PAN-RB/10/2010 tanggal 29 Oktober 2010 tentang Persetujuan Rincian Tambahan Alokasi Formasi CPNS Daerah Tahun 2010.

Pemprov Riau, disebutkan Wan Syamsir, akan menerima CPNS Daerah untuk mengisi 273 (dua ratus tujuh puluh tiga) formasi, yakni tenaga kesehatan, tenaga teknis seperti perencana, penyusun program dan evaluasi analis kebutuhan Diklat, pengembang teknologi pembelajaran penata laporan keuangan, verifikator keuangan analis kepegawaian, psikolog, perancang peraturan perundang-undangan, analis hukum, pranata humas agendaris, analis ketatalaksanaan, analis perizinan, pranata komputer, statistik, pustakawan, auditor, dan peneliti.

Pekanbaru 184 CPNS
Untuk pekanbaru, sebanyak 184 orang formasi CPNS umum akan diterima, sedangkan sisanya, sebanyak 35 orang merupakan penerimaan dari kelompok honorer.

Wali Kota Pekanbaru, Drs H Herman Abdullah MM kepada wartawan, Ahad (21/11) siang mengatakan, pihaknya meminta kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru untuk benar-benar transparan. Hindari pekerjaan yang tidak baik, seperti calo dan lain sebagainya.

‘’Saya minta masyarakat jangan ada yang memanfaatkan kesempatan ini dengan cara menjanjikan bahwa akan bisa meluluskan seseorang. Karena hasil ujian akan diperiksa langsung oleh Menpan dan BKN, jadi bukan daerah yang melakukan pemeriksaan,’’ terangnya.

Di tempat terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, H Hermanius, mengatakan, pertama sekali pihaknya akan merapatkan panitia besar dalam rangka persiapan penerimaan CPNS tahun 2010 ini. Menurutnya mekanisme yang akan dibahas adalah pada saat pembukaan tanggal 22 November akan langsung dibuka pengumuman untuk penerimaan lamaran melalui kantor pos.

‘’Kita sudah membuat jadwal, dalam satu hari itu dua kali, yang pertama jadwal paginya jam 09.00-11.30 WIB. Kemudian kembali dibuka pada pukul 14.00-16.00 WIB. Selanjutnya lamaran ini nantinya akan diantar langsung oleh petugas Kantor Pos ke BKD,’’ katanya.

Pelalawan 256 CPNS
Hal yang sama juga dilakukan di Kabupaten Pelalawan. Pendaftaran dibuka Senin (22/11) ini hingga 6 Desember 2010. Oleh karena itu Sekda Pelalawan, Drs H Marwan Ibrahim, mengingatkan pelamar jangan terburu-buru menyiapkan berkas lamaran. Hal tersebut diungkapkannya kepada Riau Pos, Ahad (21/11) di Pangkalankerinci.

Pemkab Pelalawan akan menerima sebanyak 256 CPNS dari jalur umum. Terdiri atas 117 orang tenaga pendidikan (guru) dan 77 orang untuk tenaga kesehatan serta sebanyak 62 orang tenaga teknis. Jumlah ini lebih rendah dari yang diusulkan Pemkab Pelalawan kepada BKN, yakni 590 orang. Tenaga guru meliputi guru TK, guru SD, guru madrasah, guru SMP, guru SMA/MA/SMK dan guru pendidikan anak usia dini (PAUD). Sedangkan untuk tenaga kesehatan antara lain perawat, bidan, ahli gizi, dokter dan dokter umum. Terakhir tenaga teknis adalah tenaga dengan latarbelakang ekonomi, administrasi, keuangan, dan teknik.

Kuansing 243 CPNS
Di Kuantan Singingi, BKD Kuansing, Senin (22/11) mengumumkan secara terbuka penerimaan CPNS tahun 2010. Pengumuman CPNS Kuansing tahun 2010 ini, berdasarkan surat pengumuman nomor 871/BKD-02/144 tentang penerimaan calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Kuansing tahun anggaran 2010. Berdasarkan kuota yang ada, dalam penerimaan CPNS tahun 2010 ini, Kuansing dijatahkan kuota sebanyak 243, untuk tenaga guru sebanyak 109 orang, tenaga kesehatan 73 orang dan tenaga teknis lainnya sebanyak 61 orang. Ini dikatakan PLT Kepala BKD Kuansing, H Marduyut SE, yang dikonfirmasi Riau Pos melalui Sekretaris BKD, Hendrisiswanto.

Dikatakan Hendrisiswanto, pembukaan penerimaan CPNS tahun 2010 di lingkungan Pemkab Kuansing ini mempedomani Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 98 Tahun 2000 tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil dan berdasarkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No B/2488/M.PAN-RB/10/2010 tanggal 25 Oktober 2010 tentang Persetujuan Rincian Tambahan Alokasi Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Tahun Anggaran 2010.

Kampar 237 CPNS
Sementara itu, Kabupaten Kampar, sebagaimna diungkapkan Kepala BKD Kampar, Jon Sabri melalui Kabid Pengadaan dan Mutasi Edi Herman, tahun 2010 ini menerima sebanyak 237 CPNS dengan klasifikasi 107 orang guru, 71 orang tenaga kesehatan, 59 tenaga teknis.

Bengkalis 276 CPNS
Untuk penerimaan CPNS formasi 2010, Kabupaten Bengkalis mendapat kuota sebanyak 276. Angka ini memang lebih kecil dari usulan Pemkab Bengkalis sebelumnya ke BKN yakni sebanyak 3.189 formasi.

Dari 276 orang yang akan diterima tersebut, terdiri dari tenaga guru sebanyak 124 orang, tenaga kesehatan 83 orang dan tenaga teknis lainnya sebanyak 69 orang.

Untuk tenaga guru SD yang akan diterima adalah guru Penjaskes, guru muatan lokal, guru kelas dan guru agama, dengan jumlah sebanyak 77 orang.

Sementara untuk guru SMP yang akan diterima sebanyak 16 orang terdiri dari guru agama Islam, geografi, fisika, biologi, matematik, PPKN, ekonomi, bahasa Inggris, Penjaskes, dan guru teknologi informatika dan kualifikasi pendidikan mulai D II hingga sarjana. Untuk guru SMA Negeri yang akan diterima sebanyak 23 orang terdiri dari guru Agama, PPKN, bahasa Indonesia, matematika, fisika, kimia, biologi, sejarah, geografi, ekonomi, bahasa Inggris, Penjaskes, teknologi informatika.

Sedangkan guru SMK Negeri yang akan diterima adalah guru matematika, bahasa Inggris, fisika, biologi dan PPKN, Penjaskes dan teknik bangunan dengan jumlah sebanyak 8 orang.

Untuk tenaga kesehatan yang akan diterima sebanyak 83 orang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, perawat gigi, bidan, perawat, asisten apoteker, nutrisionis, ocupasi terapis, terapis wicara, pisioterapis, pranata laboratorium kesehatan, perekam medis, radiografis, penyuluh kesehatan masyarakat, sanitarian, perawat, anestesi, dan administrator kesehatan.

Siak Standar
Sementara di Siak, tahun 2010 ini, Pemkab Siak membuka kesempatan penerimaan CPNS untuk sejumlah jurusan seperti tenaga kesehatan, tenaga strategis dan lainnya. Pemkab juga menerima CPNS guru dengan standar penerimaan layaknya penerimaan tahun-tahun sebelumnya. Untuk Kabupaten Siak, pendaftaran dan penerimaan berkas lamaran calon dilaksanakan tanggal 22 November 2010 hingga 6 Desember 2010 cap pos dan disampaikan melalui PT Pos Wilayah Riau.

Alamat lamaran disampaikan kepada Bupati Siak Cq Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Siak dengan kode pos 28771/kotak pos 28004. Selain itu, di pojok kanan atas disebutkan nama formasi, jabatan yang dilamar dan kualifikasi pendidikan.

Di pojok kiri atas nama dan alamat pengirim dengan huruf kapital atau besar serta lamaran dikirimkan melalui PT Pos Provinsi Riau (panitia tidak menerima lamaran diantar langsung).

Kepulauan Meranti 283 CPNS
Di tahun 2010 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti akan menerima sebanyak 283 CPNS. Jumlah penerimaan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang masuk dari Menpan bernomor, B/2957/M.PAN-RB/10/2010, tanggal 29 oktober 2010, tentang persetujuan rincian tambahan alokasi formasi CPNS Daerah tahun 2010.

Informasi tersebut disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan Nasir MSi melalui Kepala Bagian Kepegawaian, Sariah S Sos MM, kepada Riau Pos, Kamis (18/11). Dikatakannya, jumlah tersebut akan dibuka formasi tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.

‘’Tahun ini (2010, red), kita akan membuka sebanyak 283 CPNS berbagai formasi. Sementara jumlah menurut formasi, yang dibuka yakni, tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya. Itu bisa dilihat nanti pada pengumuman secara terbuka, yang insya Allah akan dilakukan pada tanggal 22 november 2010 nanti,’’ kata Sariah menginformasikan.

Tiga Kabupaten/Kota Tak Buka Penerimaan
Sementara itu, untuk Dumai, Rokan Hulu, dan Inhu hingga kemarin dilaporkan belum ada rencana untuk penerimaan CPNS daerah untuk kelompok umum. Di Dumai, walau sempat dilaporkan akan dilakukan rekrutmen CPNS terkait dengan meningkatnya penerimaan Dana Alokasi Umum (DAU), namun, hingga kemarin sore dilaporkan belum ada rencana melakukan penerimaan CPNS.

Hal yang sama juga dilaporkan terjadi di Rokan Hulu. Di daerah ini, Pemkab Rohul lebih mngedepankan upaya optimalisasi peran PNS daerah maupun tenaga honorer yang ada saat ini, sehingga, belum ada rencana untuk membuka penerimaan CPNS tahun 2010.

Di Indragiri Hulu, kondisi yang sama juga dilakukan pemerintah dalam upaya mengantisipasi terjadinya keterbatasan dalam mata anggaran. Sebagaimana diberitakan beberapa waktu lalu, Inhu termasuk daerah yang pertama sekali mengungkapkan rencananya untuk tidak melakukan rekrutmen CPNS umum.

‘’Selain permasalahan keterbatasan alokasi anggaran untuk gaji pegawai, kita juga akan mengupayakan optimalisasi peran PNS yang ada di ibukota kabupaten yang saat ini banyak tertumpuk. Kita akan alokasikan dahulu untuk pemenuhan tenaga pegawai di kecamatan.

Setelah komposisinya terpenuhi baru kita akan upayakan untuk melihat keperluan PNS,’’ ungkap Bupati Yopi Arianto beberapa waktu lalu.

Terkait penerimaan CPNS di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota se Provinsi Riau, panitia, sebagaimana diungkapkan Sekdaprov Riau melalui SK penerimaan CPNS 2010 membuat beberapa persyaratan, di antaranya persyaratan umum, antara lain warga Negara Republik Indonesia, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berusia serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 1 Januari 2011, tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, tidak berkedudukan sebagai calon/PNS, calon/anggota TNI/Polri, tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI/Polri maupun swasta, tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik, berkelakuan baik, juga sehat jasmani dan rohani.

Adapun persyaratan khusus di antaranya adalah, surat lamaran yang ditujukan kepada Gubernur Riau, kepala daerah kabupaten dan kota ditulis dan ditandatangani sendiri oleh pelamar di atas kertas segel atau di atas kertas bermaterai Rp6.000,- dengan melampirkan fotocopy sah STTB/Ijazah dan transkip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang. Syarat lainnya, lulusan Perguruan Tinggi Negeri dilegalisir oleh Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademis, Direktur/Pembantu Direktur Bidang Akademis atau Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademis atau lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi/disamakan dilegalisir oleh pejabat berwenang. Lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang belum terakreditasi dilegalisir oleh Kopertis yang bersangkutan.

Adapun persyaratan tambahan untuk CPNS lainnya, di lingkungan Pemprov Riau, seperti Tenaga Kesehatan yang berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI menetapkan ijazah profesi sebagai salah satu syarat keabsahan dalam bekerja, harus melampirkan ijazah profesi yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang

Source : riaupos.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pekanbaru News | Berita Online Pekanbaru Riau - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger