Home » , , » BEM UR dan UMRI Kritik Renovasi Tugu Pesawat Rp 5 Miliar

BEM UR dan UMRI Kritik Renovasi Tugu Pesawat Rp 5 Miliar

Written By Bg dani on Wednesday, November 10, 2010 | 6:04 PM

Puluhan aktivis Badan Eksekutif Mahasiswa (PEK) Universitas Riau (UR) dan BEM dan Universitas Muhamadiah Riau (UMRI) meperingati Hari Pahlawan, Selasa (9/11/10) malam. Kegiatan yang diisi renungan suci tersebut dimulai pukul 20.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 21.45 WIB di Bundaran Walikota Pekanbaru dan di bundaran Tugu Pesawat Tempur, depan Kantor Gubernur Riau.

Aksi simpatik Renungan Suci hari Pahlawan tersebut di isi dengan Orasi dari Gebernur mahasiswa dan presiden mahasiswa, Puisi dari mahasiswa UNRI dan UMRI, serta teatrikal dan di tutup dengan doa. Massa yang dikoordinatori oleh Nofri Andri Yulan (Mensospol BEM UNRI) menyerukan kepada masyarakat untuk mengenang jasa para pahlawan, menghargai serta meneruskan semangat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Mahasiswa membawa spanduk seruan yang bertuliskan “Pahlawan..! Kan Ku teruskan semangat perjuangan mu”.

Usai renungan suci, mahasiswa mengadakan long march menuju monument pesawat di bundaran Gubernuran. Sepanjang acara dan longmarch-nya mahasiswa menyuarakan yel-yel “Merdeka”, “Hidup mahasiswa”, “Hidup rakyat Indonesia”, juga menyanyikan lagu perjuangan Indonesia raya, mars mahasiswa dan Lagu gugur bunga. Bertempat di pagar monument pesawat, Mahasiswa memasangkan spanduk sikapnya yang bertuliskan “Menghamburkan dana Rp. 5M untuk melupakan sejarah adalah bentuk penghianatan amanah bangsa” sebagai bentuk penolakan terhadap rencana pemugaran monument pesawat tersebut yang telah dianggarkan oleh pemerintah pada APBD 2011 sebesar 5 Miliar Rupiah.

Peringatan hari pahlawan nasional tersebut tidak berahir pada malam itu, tapi renungan suci hanya bagian dari rangkaian peringatan. Peringatan dilanjutkan keesokan harinya di Universitas Riau. Lanjutan acaranya adalah Talkshow kepahlawanan dengan tema “Mencari Pahlawan Muda Indonesia” yang rencananya akan dilakukan pada hari Rabu (10/11/2010) bertempat di Ruang Yudisium Fakultas konomi UR.

Talkshow tersebut akan di isi langsung oleh Radja Rusli (ketua Legion veteran Riau) dan Hendra Gunawan (Presiden mahasiswa UNRI 2008/2009). Pada hari yang sama pukul 14.00 juga direncanakan akan dilajutkan dengan lomba orasi kepahlawanan bertempat di lapangan UP2B Universitas Riau. “Dengan acara ini kita berharap agar nilai-nilai perjuangan pahlawan tertanam dalam jiwa masyarakat khususnya generasi muda, agar tumbuh semangat untuk mengisi kemerdekaan dengan berkontribusi membangun Indonesia” Ungkap salah seorang petinggi di BEM Universitas Riau”

Source : riauterkini.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pekanbaru News | Berita Online Pekanbaru Riau - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger