Home » , , » Pekanbaru dan Cirebon, Kota Terkorupsi di Indonesia

Pekanbaru dan Cirebon, Kota Terkorupsi di Indonesia

Written By Bg dani on Tuesday, November 9, 2010 | 7:26 PM

Tingkat korupsi di Kota Pekanbaru dan Cirebon paling tinggi di antara 50 kota besar di Indonesia. Ini bisa dilihat dari Indeks Persepsi Korupsi Indonesia (IPK-Indonesia) 2010 di mana Kota Pekanbaru dan Cirebon sama-sama mengemas skor IPK sebesar 3,61.

"Pemberitaan media lokal ataupun nasional memang dipenuhi oleh kasus-kasus korupsi yang dilakukan oleh aparat di sana," kata Manajer Tata Kelola Ekonomi Transparency International Indonesia (TII), Frenky Simanjuntak, Selasa (9/11/2010) di Jakarta.

Frenky menjelaskan, korupsi di kedua kota tersebut masih lazim terjadi dalam sektor-sektor publik. Pemerintah daerah dan penegak hukum sendiri tampak kurang serius memberantas korupsi.

"Hal demikian menyebabkan persepsi para pelaku bisnis di Pekanbaru dan Cirebon menjadi rendah," ujar dia. Di bawah Pekanbaru dan Cirebon, kota terkorup lainnya adalah Surabaya (3,94), Makassar (3,97), dan Jambi (4,13).

IPK Indonesia adalah instrumen pengukuran tingkat korupsi di kota-kota di Indonesia. IPK Indonesia dibuat berdasarkan survei yang metodenya dikembangkan oleh TI-Indonesia. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 9.237 responden pelaku bisnis antara Mei dan Oktober 2010. Rentang indeks 0 sampai 10. "0 berarti dipersepsikan sangat korup, sedangkan 10 sangat bersih," papar Frenky.

Sumber : Kompas.com
Share this article :

+ comments + 1 comments

November 12, 2010 at 7:20 AM

Salut sama hasil survei Transparency International Indonesia (TII), pekanbaru mmg kota paling terkorup di Indonesia.

Contoh kecil aja di kelurahan, setiap pengurusan surat menurut perda hanya wajib membayar Rp. 2500,- untuk biaya leges dan tidak ada biaya tambahan lainnya. Nah dilapangan ternyata dengan dalih biaya administrasi pegawai kantor kelurahan meminta uang capek ngetik,,, padahal mereka kan emang digaji untuk itu dalam melayani masyarakat.

Ditambahlagi menghilangnya dana Transport bagi Guru PNS di kota Pekanbaru yang dengan alasannya mengatakan PADnya tidak ada, padahal pemasukan dari pajak untuk kota pekanbaru ini sangat besar sekaliiiiiiiiii.

Inilah salah satu bukti bahwa kota pekanbaru memang kota paling terkorupsi di Indonesia

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pekanbaru News | Berita Online Pekanbaru Riau - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger